Teknologi baru yang menyelamatkan lingkungan (hutan)

Sore itu ada sales call dari potential customer di daerah Mustika Jaya, Bekasi. Siapa sangka dibalik pagar tinggi yang menutupi penampakan separo bangunan terdapat worshop dengan berbagai macam mesin perkakas presisi (CNC). Ia adalah perusahaan yang bergerak di bidang machinery dengan konsep made by order. Salah satu spesialisasinya adalah membuat mesin roll forming untuk berbagai macam profil baja ringan.

Menurut penuturan engineer-nya, akhir-akhir ini pesanan mesin roll forming seperti tiada habisnya. Bahkan ada salah satu perusahaan yang sudah memesan total 30 mesin sampai saat ini. Customernya tersebar di area Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

Foordeck Roll Forming Machine (sumber: http://persadhata.co.id)

Foordeck Roll Forming Machine (sumber: http://persadhata.co.id)

Jika kita amati berbagai macam brosur, banner ataupun iklan rumah terbaru salah satu spesfikasinya adalah “rangka atap baja ringan”. Bisa dipastikan rumah-rumah yang dibangun saat ini semakin jarang yang memakai rangka kayu. Kini harga kayu semakin mahal, kualitasnya sulit dikontrol dan rawan terhadap serangan rayap maupun serangga penggerek.

Peralihan dari rangka kayu ke rangka baja ringan tentu sangat menggembirakan karena mengurangi laju penebangan hutan. Andai teknologi dan produk baja ringan ini sudah populer dan ekonomis sejak sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu bisa kita bayangkan berapa juta batang pohon yang bisa diselamatkan?

Kalau kita concern dan prihatin dengan semaki berkurangnya luas hutan huan tropis kita tentu kita sudah memetakan sejak awal berbagai macam kemungkinan yang bisa mengurangi konsumsi kayu. Salah satunya adalah subtitusi kayu sebagai bahan bangunan ke bahan lain yang lebih tahan lama, murah dan mudah aplikasinya. Sayangnya pemetaan semacam itu jarang kita lakukan ataupun jika ada tidak terpublikasi dan terealisasi menjadi kebijakan ataupun aksi nyata.

Karena itu tidak heran jika negara-negara maju selalu meng-endorse dan memberi insentif bagi teknologi-teknologi baru yang bisa menjadi solusi bagi permasalah terkini seperti penghematan energi dan sumber daya alam. Mereka memiliki foresight atau future technology outlook yang selalu diupdate menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini dengan berbagai kemungkinan aplikasi di masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s