Tips dan trik mengaplikasikan lem, adhesive dan double tape (VHB Tape)

Pernah mendengar istilah PSA (pressure sesitive adhesives)?? Dari namanya kita dapat menduga bahwa adesif, lem atau double tape tersebut sangat sensistif terhadap tekanan. Maksudnya adalah adesif atau lem akan bekerja ketika diberi tekanan. PSA ini banyak dipakai pada selotip (nama kerennya OPP Tape alias Oriented Polypropylene Tape), Foam Tape (yaitu double tape dengan lapisan tengah berupa foam) maupun VHB Tape (Very High Bonding Tape).

Jika pada selotip penekanan untuk mengaktifkan adesif bisa dilakukan dengan tangan maka pada Foam Tape dan VHB Tape disarankan memakai roller. Penekanan dengan roller selain akan mengaktifkan adesif juga akan membuat adesif mengisi pori-pori dari bahan yang direkatkan.

vhb tape.JPG

Untuk menjamin kesuksesan pengeleman atau bonding ada empat faktor yang harus diperhatikan.

1) Pertama. Permukaan bahan harus bersih dari minyak, air dan kotoran lainnya seperti debu atau karat. Pembersihan bisa dilakukan dengan larutan isopropil alkohol (IPA) dicampur air dengan perbandingan 1:1. Untuk bahan yang berkarat bisa diamplas halus.

2) Kedua. Aplikasi Foam Tape dan VHB Tape harus diberikan penekanan sebesar 15 psi. Penekanan bisa dilakukan dengan J-Roller atau biasa disebut veneer roller.

3) Ketiga. Suhu ruangan pada saat aplikasi harus di atas 21 derajad Celcius. Bagi kita yang tinggal di daerah tropis tidak ada masalah dengan isu ini.

4) Keempat. Waktu penempelan. Beberapa jenis double tape seperti VHB Tape, pada rentang 0-20 menit setelah penempelan kekuatannya akan mencai 50% dari kekuatan maksimum. Setelah 1 jam mencapai 75%. Setelah 1 hari mencapai 90%. Dan kekuatan maksimum akan dicapai setelah 3 hari.

Meski demikian harap diingat bahwa 50% kekuatan tersebut sudah sangat kuat bagi benda kerja untuk dipindahkan atau diproses lebih lanjut. VHB Tape jauh lebih cepat menghasilkan kerekatan dibanding Sealant. Sealant membutuhkan waktu sekitar 6 – 8 jam untuk mengeras agar bisa dipindahkan atau diproses lebih lanjut. Selain itu Sealant juga membutuhkan peralatan khusus pada saat aplikasi, misalnya Gun dan Clamp untuk menjaga agar benda kerja tidak berubah posisi.

2 responses to “Tips dan trik mengaplikasikan lem, adhesive dan double tape (VHB Tape)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s