Kenapa Titanium? Kenapa harganya mahal?

Titanium sangat dihargai karena rasio kekuatan terhadap berat dan ketahanan korosi yang dimilikinya. Meski demikian, setelah ia diproses menjadi produk biasanya 40 kali lebih mahal daripada komponen dari baja dan 20 kali lebih mahal daripada komponen dari aluminium. Tingginya harga komponen-komponen dari Titanium merupakan akibat dari tingginya material loss dan kondisi pemrosesan yang membutuhkan temperatur sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan Titanium hanya dipakai pada komponen-komponen yang bernilai tinggi (komponen vital), seperti yang biasa dipakai pada industri penerbangan dimana beratnya yang ringan terbayar oleh harga pesawat yang mahal.

Industri penerbangan mencatat pemakaian Titanium sebanyak 60%-75%. Kemampuan untuk mengatasi dua kendala pemrosesan di atas akan membuka peluang pemakaian TI bagi industri dan aplikasi pasar lainnya. Selanjutnya, beratnya yang ringan dalam jangka panjang akan memberikan penghematan energi yang sangat besar dalam aplikasi transportasi.

Proses baru yang sedang dikembangkan, hydrogen sintering near net shape yang berbasis pada teknologi metalurgi serbuk yang murah, akan menggantikan proses manufaktur Ti selama ini yang berbasis pada pengecoran dan penempaan. Proses ini menghilangkan proses peleburan pada temperatur sangat tinggi yang selama ini merupakan salah satu tahap dalam produksi paduan Ti. Selanjutnya, proses ini diharapkan akan mengurangi kebutuhan proses tambahan setelah sintering untuk memperbaiki struktur mikro sekaligus mengurangi proses permesinan yang dibutuhkan dalam pabrikasi komponen.

Pemrosesan pada pada temperatur yang lebih rendah pada tekanan atmosfer mengurangi intensitas energi dalam proses manufakturnya. Manufaktur Ti berbasis metalurgi serbuk yang memakai cold isostatic process akan berefek pada meningkatnya produktivitas secara signifikan.

Keuntungan bagi industri.

Pengembangan komponen dari Ti murah akan berakibat positif bagi keekonomisan sektor tranportasi dan manufaktur. Konsumsi bahan bakar akan turun dengan menurunkan berat mobil dan kendaraan lainnya ketika komponen-komponen yang berat digantikan dengan komponen-komponen yang lebih ringan. Lebih jauh, komponen-komponen yang terbuat dari Ti ketahanan korosinya akan meningkat sehingga menurunkan biaya kepemilikan akibat usia pakai yang lebih panjang.

Terjemahan bebas dari: “Low cost Titanium alloy production”, Advanced Manufacturing Office, U.S. Department of Energy

Komponen mesin dari Titanium

Komponen mesin dari Titanium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s