Senang melihat karyawan susah

“Bagaimana, Pak? Lebih mudah dan cepat kan dibanding metode sebelumnya?”

“Iya, Pak. Tapi nanti karyawan saya keenakan dong?” jawab manajer produksi.

Saya sempat kaget mendengar jawaban tersebut. Karena selama sepuluh tahun malang melintang di bagian riset dan pengembangan produk televisi dan kulkas, kami selalu dicekoki dengan konsep design for manufacturability – DFM. DFM bertujuan agar desain kita buat mudah diproduksi. Karyawan dan pekerja di bagian produksi tidak boleh susah dan kesulitan saat memproduksi barang yang kita desain. Haram hukumnya membuat pekerja bagian produksi susah.

Kenapa produksi harus dibuat gampang?

Satu, alasan produktivitas. Semakin mudah sebuah barang dibuat maka produktivitasnya akan semakin tinggi. Produktivitas tinggi akan menurunkan biaya produk. Pada beberapa industri yang berkecepatan tinggi, produktivitas tidak bisa ditawar. Haram hukumnya terjadi downtime. Sebagai contoh, pabrik kertas yang memproduksi jumbo roll bekerja pada kecepatan 1200m/menit. Jika terjadi gagal sambung kertas maka akan terjadi downtime sekitar 30 menit, 30 x 1200 = 36.000 meter. JIka yang diproduksi adalah kertas 80gsm dam lebar jumbo roll adalah 6 meter maka selama 30 menit tersebut akan kehilangan produk seberat 14,4 ton kertas. Jika diuangkan, nilai kerugiannya 202 juta rupiah!!

Voith Sulzer Paper Mill 1200mpm

Paper Mill dengan kecepatan 1200m/menit (sumber: https://voith.com/corp-de/voith-paper_twogether7_en.pdf)

Kedua, alasan kualitas. Semakin mudah sebuah barang dibuat atau sebuah proses dikerjakan maka peluang kesalahan dan kegagalan akan semakin kecil. Kasarnya dengan mata terpejam atau sebelah tangan pun bisa dilakukan.

Ketiga, alasan tenaga kerja. Semakin mudah sebuah barang dibuat atau sebuah proses dikerjakan maka ketergantungan kepada tenaga kerja terampil semakin kecil. Anak SD pun bisa mengerjakannya.

Ketika industri masih sepi dari pemain, perusahaan tersebut memang masih bisa bertahan dan memegang pangsa pasar cukup besar. Tetapi ketika suatu saat nanti muncul pemain baru dengan produktivitas lebih tinggi, kualitas lebih bagus dan proses yang mudah maka bersiap-siaplah untuk melihat pangsa pasar tergerus oleh pemain baru.

Leave a comment