Perusahaan manufaktur tanpa bill of materials

Seorang teman bertanya, pernah masuk ke perusahaan X? Punya bill of materials-nya? Mana mungkin saya punya bill of material produk suatu perusahaan. Kalau pun perusahaan saya adalah salah satu pemasok, tidak mungkin bill of materials utuh yang dibagi,  pasti hanya sub-komponen saja. Dan kalaupun saya memiliki bill of materials sub-komponen tersebut tidak mungkin saya akan membocorkannya ker perusahaan lain.

Rupanya perusahaan teman saya ini sedang mengalami kerugian sekitar 200 milyar. Salah satu sebabnya ia tidak memiliki bill of materials terhadap produk-produknya. What?! Ini milenium kedua, masih ada perusahaan besar tidak memiliki bill of materials?!

Bill of Materials, biasa disingkat BoM, adalah daftar menyeluruh dan lengkap yang berisi semua komponen-komponen yang membentuk produk. Pada sebagian BoM juga terdapat informasi jumlah waktu, tenaga kerja dan jenis/lokasi mesin untuk memproduksinya.

Mengapa BoM ini sangat penting?

  1. Sebagai dasar penghitungan harga jual produk. Darimana kita tahu bahwa harga jual suatu produk memberikan keuntungan atau kerugian? Tentu saja setelah kita mengetahui biaya penyusun suatu produk yang terdiri dari bahan baku (BoM) ditambah dengan biaya-biaya lainnya.
  2. Sebagai dasar perencanaan kebutuhan bahan baku. Daria mana kita tahu bahwa komponen A harus dipesan dua kali lipat daripada komponen B? Tentu saja dari BoM. Di dalam BoM disebutkan bahwa produk kita tersusun dari 2A + B.
  3. Menghindari shortage atau kehabisan bahan baku. Misalkan saja pada saat proses produksi ternyata komponen B memiliki banyak reject sehingga stok komponen B digudang terpakai lebih banyak daripada biasanya untuk menggantikan komponen yang reject. Ketika kita memiliki BoM yang terintegrasi dengan perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) maka kita bisa mengatur reminder atau pengingat ketika stoksebuah komponen mencapai level tertentu.
  4. Sebagai acuan perbaikan produk. Kita bisa melakukan perbaikan produk jika kita memiliki data menyeluruh dan rinci tentang bahan-bahan penyusun produk kita. Misalkan produk kita yang tersusun dari 2A + B tadi bahan bakunya adalah plastik ABS. Setelah dilakukan analisa dan penelitian ternyata komponen B bisa diganti dengan plastik Polipropilen yang harganya lebih murah tetapi fungsinya tidak terganggu dengan penggantian material tadi.
  5. Menyatukan berbagai fungsi di dalam perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki BoM maka akan lebih mudah baginya untuk mengkomunikasikan produk antar departemen terkait seperti produksi, riset & pengembangan, pembelian, kontrol mutu, dan sebagainya karena bahasa yang dipakai sama, bahasa BoM.

Bagi kita yang masih awam dengan konsep bill of materials ini bisa berkunjung ke situs berikut:

  1. Manufacturing Global
  2. Bill of Materials

Contoh Bill of materials untuk produk Drilling Jig

 

Tampilan 3D dari drilling jig dari beberapa sudut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s