Sistem Proteksi Kebakaran Pasif

Sistem proteksi kebakaran pasif merupakan bagian integral dari sistem proteksi kebakaran yang meliputi Pelatihan, Deteksi dan Pemadaman (proteksi kebakaran aktif). Sistem proteksi kebakaran pasif adalah sistem proteksi kebakaran yang bertujuan menghalangi atau menahan laju penyebaran asap, gas beracun, api dan panas yang terjadi selama proses kebakaran selama selang waktu tertentu.

Pendekatan Seimbang untuk Pencegahan Kebakaran

Pendekatan Seimbang untuk Pencegahan Kebakaran

Selang waktu tersebut diperlukan untuk memberikan kesempatan bagi proses evakuasi dan bekerjanya sistem proteksi kebakaran aktif dalam memadamkan kebakaran. Selain itu sistem proteksi kebakaran pasif juga bertujuan untuk menjaga stabilitas kekuatan struktur bangunan pada saat terjadi kebakaran.

Sistem proteksi kebakaran pasif sangat diperlukan karena statistik dari peristiwa kebakaran yang dihimpun oleh NFPA – USA menunjukkan bahwa: 1) 67% korban meninggal karena asap dan gas beracun, 2) 56% korban kebakaran tidak berada di lokasi kebakaran, 3) jarak pandang saat kebakaran hanya 47% (memperlambat proses evakuasi), 4) kecepatan asap kebakaran berkisar antara 15 – 100 m/menit.

Fakta tentang korban kebakaran

Fakta tentang korban kebakaran

Disebut sistem proteksi pasif karena aktivasi dari sistem proteksi kebakaran ini tidak memerlukan sensor ataupun perangkat daya dan sebagian besar dari sistem tersebut tidak memerlukan perawatan. Sekali terpasang dengan benar maka usia dari sistem proteksi kebakaran pasif mengikuti usia pemakaian bangunan/gedung/fasilitas di mana sistem tersebut terpasang.

Sistem proteksi kebakaran pasif bertujuan untuk melindungi manusia maupun aset. Jenis perlindungan sistem proteksi kebakaran pasif memiliki dua arah. Pertama agar kebakaran dan efek-efeknya tidak menyebar ke luar area tertentu. Kedua agar kebakaran dan efek-efeknya tidak memasuki area tertentu.

Contoh dari sistem pertama adalah proteksi kebakaran pasif yang diterapkan kepada power house (misal: gardu listrik atau ruang genset) dimana proteksi kebakaran pasif tersebut bertujuan agar ketika terjadi kebakaran pada power house tidak menyebar ke ruang kontrol yang dapat membahayakan manusia maupun peralatan kontrol dan instrumen. Contoh dari sistem kedua adalah proteksi kebakaran pasif yang diterapkan kepada ESDV (emergency shutdown valve) pada anjungan produksi minyak/gas dimana proteksi kebakaran pasif tersebut bertujuan agar ketika terjadi kebakaran dari luar tidak menggangu fungsi dan kemampuan dari ESDV.

Selang waktu yang dibutuhkan oleh tiap-tiap bangunan, gedung atau fasilitas berbeda-beda tergantung dari tingkat kesiapan dan kehandalan sistem proteksi kebakaran aktif dan tingkat resiko yang mungkin terjadi. Sebagai contoh meski mensyaratkan proteksi kebakaran dengan selang waktu satu jam, proteksi bagi gedung tentu berbeda dengan fasilitas kilang minyak/gas apalagi jika dibandingkan dengan anjungan pengeboran/produksi minyak dan gas.

Fasilitas anjungan pengeboran/produksi minyak dan gas memiliki resiko kebakaran dari minyak/gas bertekanan tinggi sehingga mereka membutuhkan proteksi kebakaran Jet Fire yang disingkat dengan J. J30 berarti sistem proteksi kebakaran pasif mereka sanggup bertahan selama 30 menit ketika terjadi kebakaran dari semburan minyak atau gas bertekanan tinggi.

Troll Platform - Struktur bajanya dilindungi dengan sistem proteksi kebakaran pasif

Troll Platform – Struktur bajanya dilindungi dengan sistem proteksi kebakaran pasif

Sementara pada fasilitas kilang minyak/gas dimana resiko kebakaran dari minyak/gas bertekanan tinggi lebih rendah daripada fasilitas anjungan tetapi resiko kebakaran dari minyak atau gas yang ditampung sangat besar maka mereka membutuhkan proteksi kebakaran Hydrocarbon Pool yang biasa disingkan H. H30 berarti sistem proteksi kebakaran pasif mampu bertahan selama 30 menit pada saat terjadi kebakaran hidrokarbon.

 

PFP illustration

Ilustrasi aplikasi Passive Fire Protection pada bukaan dinding yang dilewati jalur pipa dan kabel

proteksi kebakaran pasif - lubang jalur kabel

Contoh proteksi kebakaran pasif yang dipasang pada lubang jalur kabel

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s