Pemborosan di pagi hari – Sulitnya merubah mindset

Duk.. ku.. duk.. ku.. duk!!!, terdengar suara motor tetangga sedang dipanaskan ketika aku mulai menyetrika celana. Sambil menggosok celana kunikmati alunan suara motor yang terdengar empuk. Empat menit setidaknya sudah berlalu tetapi alunan empuk dari kenalpot motor belum berhenti juga.

Celana sudah selesai kusetrika, giliran berikutnya adalah kemeja. Masih terdengan suara “Duk.. ku.. duk.. ku.. duk!!” Suara motor masih terdengar saat aku selesai menyetrika kemeja selama sekitar lima menit. Suara motor baru berhenti saat aku mengemasi peralatan setrika.

Setidaknya 10 menit selalu dihabiskan tetanggaku untuk memanaskan motornya? Do we need the heating process that much? Motor-motor baru, apalagi sudah dibekali dengan teknologi injeksi tidak memerlukan pemanasan selama itu. Satu menit sudah cukup untuk menghangatkan ruang pembakaran dan mensirkulasikan pelumas. Sembilan menit berikutnya adala pemborosan energi.

Pemanasan motor adalah ajaran lama disaat teknologi motor masih sangat sederhana. Kebiasaan ini kemudian menjadi budaya dan common sense tanpa ada upaya dari sebagian orang untuk meninjau apakah masih relevan atau tidak.

2 responses to “Pemborosan di pagi hari – Sulitnya merubah mindset

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s