Adhesive failure pada interior pesawat terbang

Ketika sedang mulai mempelajari topik perekat dan pita industri (industrial tape & adhesive), secara kebetulan pada penerbangan ke Makassar dengan pesawat Lion Air (Boeing 737-800 NG)  saya menemukan kegagalan adesif pada interiornya.

Adhesive failure pada interior pesawat terbang

Adhesive failure pada interior pesawat terbang

Pada gambar di atas terlihat bahwa plastik penutup ruang bagasi terlepas sehingga memperlihatkan bagian kerangka dan perekatnya. Karena ini hanya terjadi ada bagian interior tentu tidak berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan. Hanya segi estetika saja yang berkurang.

Yang menarik ketika diamati lebih dekat, perekat tampak utuh dan pada bagian kerangka maupun plastik penutup (substrate) tidak menyisakan serpihan perekat. Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka kegagalan ini termasuk dalam kategori adhesive failure.

Adhesive failure

Adhesive failure

Kemungkinan penyebab kegagalan tersebut adalah proses persiapan permukaan yang tidak sempurna. Meski tampak bersih, seringkali permukaan bahan tidak siap untuk aplikasi perekat. Misalnya saja, lapisan tipis grease atau pelumas yang berasal dari mold yang terbawa pada komponen plastik saat proses injection molding akan sangat menurunkan kinerja atau kekuatan adesif.

Penyebab kedua, permukaan kedua komponen terlalu halus sehingga daya rekat berkurang. Permukaan yang kasar akan meningkatkan kekuatan adesif karena meningkatkan area kontak, menghilangkan lapisan pengotor dan menginkatkan penguncian mekanis (mechanical lock). Karena alasan ini pada saat menambal ban, pada area sekitar kebocoran kita kerok dulu agar lem merekatkan ban dan tambalan dengan sempurna.

Adhesion & cohesion (sumber: 3M Techweb)

Adhesion & cohesion (sumber: 3M Techweb)

3 responses to “Adhesive failure pada interior pesawat terbang

  1. Untung saja hanya pada bagian interior dan tidak berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan. Saya malah pernah pas penerbangan ke Banjarmasin dengan pesawat L*on B737-900 ER dengan warna list khas boeing, ngedapetin kaca jendela luar yang retak dan berlubang halus. Awalnya saya pikir hanya embun, tapi ketika didekati ternyata retak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s