Beralih dari lampu neon ke lampu LED | Perbandingan lampu pijar – lampu neon – lampu LED

Yang paling membuat saya tergoda untuk beralih dari lampu pijar ke lampu LED adalah usianya yang bisa mencapai 15 tahun (berdasarkan tulisan yang ada di kemasan). Meskipun setelah ditelisik dengan mencari keterangan untuk tanda dua bintang (**), usia 15 tahun itu dengan pemakaian harian hanya 2,7 jam/hari. Tentu jarang sekali kita memakai lampu hanya untuk 2,7 jam/hari. Kecuali lampu kamar mandi.

Jika diasumsikan pemakaian per hari adalah 8 jam, maka usia lampu LED menjadi = (2,7/8)*15 = 5,06 tahun saja. Sebuah usia yang cukup lama dan mungkin kita tidak akan ingat kapan terakhir kali kita membeli lampu tersebut. Dengan usia lampu 5 tahun maka daya tahan lampu LED mencapai hampir 2x lipat daya tahan lampu neon.

Tetapi yang paling menarik adalah pemakaian listriknya yang sangat hemat. Untuk menghasilkan penchayaan sebesar 600 lumen (setara lampu pijar 60 watt) ia hanya membutuhkan daya listrik 7 watt. Artinya lampu LED lebih hemat listrik (lebih dari) 85% dibanding lampu pijar. Bahkan lampu neon 11 watt (Philips Genie) hanya mampu menghasilkan pencahayaan 570 lumen. Artinya lampu LED lebih hemat listrik 36% dibanding lampu neon.

Perbandingan antara lampu pijar, lampu neon dan lampu LED disajikan dalam grafik berikut ini.

Perbandingan lampu pijar - lampu neon  -lampu LED

Perbandingan lampu pijar – lampu neon -lampu LED

Cara membaca grafik di atas adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghasilkan pencahayaan 600 lumen: lampu pijar membutuhkan daya 60 watt, lampu neon membutuhkan 11 watt, lampu LED hanya membutuhkan 7 watt
  • Tiap 1 watt daya listrik yang dikonsumsi: lampu pijar menghasilkan 10 lumen, lampu neon menghasilkan  51.8 lumen dan lampu LED menghasilkan 85,7 lumen.

Memang lampu LED lebih mahal dibanding lampu neon. Harganya sekitar 2x lipat lampu neon . Di Indomaret harganya 84.900 rupiah (Philips 7W E27 220-240V). Jika kita membeli di toko listrik atau toko elektronik harganya sekitar 69.000 rupiah. Akan tetapi itu sebanding dengan usia pakai yang lebih lama, konsumsi listrik yang hemat dan pencahayaannya yang lebih terang.

Keunggulan lampu LED

Keunggulan lampu LED (Philips)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s