Hyperlink | Cara mudah untuk mengelola berkas-berkas gambar

Di saat sebagian besar perusahaan elektronik sudah mengaplikasikan sistem Product Lifecycle Management (PLM) yang mengintegrasikan semua proses manufaktur dari hulu (tahap perencanaan) sampai hilir (pengelolaan pelanggan) di mana di dalamnya terdapat otomasi proses-proses dari hulu sampai hilir tersebut, ternyata masih ada perusahaan elektronik yang mengelola data-data maupun proses-proses bisnisnya secara manual.

Salah satu contoh kongkrit dari kasus di atas adalah pengelolaan berkas-berkas gambar desain pada sebuah perusahaan elektronik yang memproduksi lemari pendingin. Berkas-berkas yang merupakan gambar desain lemari pendingin ternyata disimpan begitu saja dalam sebuah PC yang terhubung dengan jaringan intranet.

Gambar-gambar tersebut belum terintegrasi dengan bill of materials seperti dalam PLM. Artinya meski terdapat bill of materials kita tidak dapat mengakses gambar desain secara langsung dengan hanya klik 2x nomer komponen. Untuk mengakses ataupun menuju lokasi di mana gambar tersebut berada selama ini hanya berdasarkan hafalan dan ingatan dari para engineer-nya. Hal ini tentu saja sangat menyulitkan bagi engineer baru yang tidak mengetahui atau belum hafal dengan model-model yang diproduksi dan letak gambar-gambarnya di dalam folder.

Masalah lain adalah penamaan berkas gambar selama ini berdasarkan nama komponen bukan nomer komponen. Artinya penamaan tersebut tidak bersifat unik. Misalnya saja ada 10 berkas bernama Handle Cover padahal kesepuluh berkas tersebut adalah gambar komponen yang berbeda. Letak gambar tersebut di dalam folder yang menunjukkan handle cover tersebut di pakai di model apa.

Solusi mudah dan sederhana kita bisa memanfaatkan perangkat lunak Microsoft Excel dengan fitur hyperlink untuk mengatasi masalah sulitnya mencari berkas-berkas. Seorang engineer yang baru bergabung saya minta mendaftar semua gambar, termasuk nomer komponennya.

Kini saya memiliki sebuah daftar yang berisi gambar-gambar desain yang langsung terhubung dengan berkas-berkas tersebut. Kini dengan 2x klik pada nomer komponen maka secara otomatis berkas tersebut akan dibuka dengan perangkat lunak AutoCAD. Tidak perlu lagi mencari-cari berkas tersebut ke dalam folder di mana ia tersimpan.

Daftar berkas gambar dengan hyperlink

Daftar berkas gambar dengan hyperlink

Gambar di atas adalah contoh sederhana sebuah daftar gambar yang memiliki hyperlink. Misalnya kita ingin menampilkan gambar Muffler maka cukup klik 2x pada nomer komponen Muffler. Otomatis Excel akan mengarahkan kepada berkas tersebut dan memerintahkan Windows membukanya dengan perangkat lunak yang sesuai. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Muffler

Muffler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s