Apakah Business Development atau Pengembangan Bisnis?

Saya juga penasaran dengan jenis profesi yang satu ini. Awalnya karena hampir setiap hari memelototi jobstreet.co.id maka saya tahu salah satu lowongan yang sering muncul adalah pengembangan bisnis.

Business Development (http://www.freedigitalphotos.net)

Business Development (http://www.freedigitalphotos.net)

“Pekerjaan saya adalah biz dev.”
“Tanyalah sepuluh orang Direktur Pengembangan Bisnis atau siapapun profesional yang pada kartu namanya tertera profesi pengembangan bisnis maka kita akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda.
“Pengembangan bisnis adalah penjualan”, kata seseorang dengan ringkas.
“Pengembangan bisnis adalah hubungan”, kata yang lainnya dengan ragu.
“Pengembangan bisnis adalah bergerak dengan cepat”, kata pionir bisnis.
Kumpulan dari berbagai macam jawaban -dan seringkali kontradiktif – terhadap pertanyaan “apa sebenarnya pengembangan bisnis itu?” mengingatkan saya kepada cara fisikawan dalam menjelaskan “apa sebenarnya alam semesta itu?”. Dengan pertentangan antara teori lubang hitam dan teori boson, tujuan utama fisikawan adalah sebuah Teori Penyatuan Besar, sebuah definisi tunggal yang secara elegan menjelaskan bagaimana alam semesta bekerja pada setiap tingkatannya.
Tanpa definisi ringkas satupun tentang apa sebenarnya pengembangan bisnis, saya berusaha menyatukan bermacam kekuatan dalam pengembangan bisnis ke dalam sebuah kerangka yang menyeluruh. Hasilnya, sebuah Teori Penyatuan Besar untuk pengembangan bisnis:
Pengembangan bisnis adalah penciptaan nilai jangka panjang bagi sebuah organisasi dengan kekuatan yang bersumber dari pelanggan, pasar dan hubungan.
Terdapat keluwesan dalam kesederhanaan dalam definisi di atas, meski demikian mungkin definisi ini tidak akan memuaskan anda. Pada intinya, pengembangan bisnis adalah penggambaran bagaimana semua kekuatan-kekuatan dikombinasikan bersama untukmenciptakan peluang pertumbuhan. Tetapi sebuah teorema memerlukan pembuktian, jadi mari kita kita urai pernyataan/teorema di atas:

Nilai jangka panjang
Pertama, apa sebenarnya yang dimaksud dengan nilai jangka panjang? Pengertian paling sederhana, nilai adalah uang. Uanglah sumber hidup bisnis meski ia dapat juga berupa prestise, akses, atau apapun yang dicari perusahaan agar ia bertumbuh.
Tetu saja ada banyak cara untuk menghasilkan banyak uang bagi sebuah perusahaan. Akan tetapi pengembangan bisnis bukanlah sebuah cara cepat untuk menghasillkan setumpuk uang atau taktik menang-kalah yang menghasilkan nilai yang akan hilang pada keesokan harinya sebagaimana ia datang dengan gampang hari ini.
Pengembangan bisnis adalah tentang menciptakan peluang bagi nilai yang bertahan untuk jangka waktu yang lama, untuk menjaga pintu air terus terbuka sehingga air mengalir terus menerus. Pemikiran bahwa pengembangan bisnis adalah alat untuk menciptakan nilai jangka panjang adalah satu-satunya cara yang benar untuk sukses di dalam organisasi yang tumbuh secara konsisten.

Pelanggan
Kata pelanggan di dalam definisi di atas mungkin sedikit membingungkan – pelanggan yang memberikan uang. Mereka adalah orang-orang yang memberi anda uang karena memakai produk atau jasa anda dan tanpa mereka tidak akan ada bisnis yang bisa anda kembangkan. Tetapi tidak semua orang adalah pelanggan alami bagi bisnis anda. Mungkin produk anda tidak memiliki fitur yang saya inginkan. Mungkin saja produk anda sempurna akan tetapi saya tidak tahu bahwa perusahaan anda menjualnya. Atau bisa jadi anda tidak berhasil menarik saya karena anda tidak mengetuk pintu rumah saya.
Pasar
Pelanggan berada pasa pasar yang spesifik. Salah satu cara mengerti pasar adalah dengan geografi. Jika saya hanya berfokus pada penjualan di pasar USA sedangkan anda tinggal di England maka bagi saya anda bukanlah pelanggan yang terjangkau karena saya belum mmenjangkau pasar Eropa. Akan tetapi pelanggan juga tinggal di dalam pasar yang didefinisikan secara demografi, gaya hidup dan pola pembelian. Pengidentifikasian peluang untuk menjangkau pelanggan baru dengan memasuki pasar baru adalah salah satu pintu penting untuk menuju nilai jangka panjang.

Hubungan
Sebagaimana halnya planet dan matahari bergantung kepada gravitasi agar tetap berada pada orbitnya, setiap usaha pengembangan bisnis yang berhasil tergantung kepada peletakan pondasi bagi hubungan yang kuat. Membangun, mengelola dan menghantarkan hubungan yang yang berlandaskan rasa percaya, hormat, dan penghargaan yang saling menguntungkan bagi nilai masing-masing adalah dasar yang memungkinkan bagi pertumbuhan nilai jangka panjang. Hubungan dengan mitra, pelanggan, pekerja dan pers semuanya penting bagi kesuksesan setiap usaha pengembangan bisnis.

Jadi, apakah pengembangan bisnis pada dasarnya penjualan? Kemitraan/hubungan? Pergerakan cepat? Ya, pengembangan bisnis mencakup semua itu.

Diterjemahkan dari: http://www.forbes.com/sites/scottpollack/2012/03/21/what-exactly-is-business-development/

2 responses to “Apakah Business Development atau Pengembangan Bisnis?

  1. Kami bussines colsultan dan development, tugas awal kami pengalaman market area kami , wilayah kami, target client kami, pembuka bussines awal, kita bantu promo, dan evrrthing agar membntu clien jadi dikenal, jadi sales , dengan membntu mencari suplier semua kebutuhannya, membantu dan memberi jalan keluar semua masalahnya
    Silahkan hub kami
    Bali86solution onierental@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s