Tahukah anda di mana Kangean?

Ustad tersebut lebih suka menyebut kampung halamannya Sumenep karena orang-orang lebih mudah mengenalnya. Saya terkejut karena sesungguhnya kampung halamannya di Kangean. Sebuah gugusan pulau di timur pulau Madura dan berada tepat di utara pulau Bali. Jarak tempuhnya dengan kapal 6 jam dari pelabuhan Sumenep.

Letak Pulau Kangean

Letak Pulau Kangean

Ustad heran ketika aku menyebutkan pulau Sapudi dan Raas yang berada di jalur pelayaran ke Kangean plus eksplorasi migas yang ada di sana. Tak terpikir di benaknya akan ada orang yang mengenal sekitar daerahnya. Dipikirnya aku pernah berkunjung atau berwisata ke sana. Padahal aku hanya mengenalnya dari peta-peta yang sering kupelototi plus berita-berita seputar eksploitasi Migas di Pagerungan dengan pipanisasi gas ke pulau Jawa.

Keterkejutannya menjadi beralasan ketika kemudian dua orang teman saya nimbrung. Saat diberi tahu kampung ustad di Kangean mereka mengerutkan dahi. Jangan-jangan mendengar namanya pun baru pertama kali.

Sebagai orang yang tinggal di pulau Jawa rasanya kurang pantas jika kita tidak mengenal (minimal mengenal namanya) pulau-pulau yang berada di sekitarnya. Mereka yang berasal dari daerah merasa senang saat mereka menyebutkan atau bercerita tentang daerahnya dan kita mengenalnya.

Jangan sampai anda tidak tahu di mana Karimujawa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s