Perancangan Produk Meja Portabel – Analisa Kebutuhan Konsumen (2)

2.1 Riset Pasar (Konsumen)

Dalam usaha untuk mengetahui kebutuhan konsumen dilakukan survei dan kuesioner terhadap pengguna notebook dan tablet. Setidaknya ada 22 kebutuhan konsumen dari sebuah meja portabel. Dari 22 kebutuhan ini bisa dirangkum ke dalam enam atribut produk meliputi:

1) mobilitas,

2) reliabilitas dan perawatan,

3) fungsionalitas,

4) keamanan,

) fleksibilitas,

6) estetika,

7) harga.

Dari tujuh atribut produk ini responden kemudian diminta untuk memberikan skor terhadap dua buah produk meja portabel yang sudah ada di pasaran. Hasil selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Customer Voice - Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Customer Voice – Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Dari tabel tersebut bisa disimpulkan bahwa sampai saat ini belum ada produk yang memenuhi kebutuhan pengguna perangkat komputer jinjing jika dilihat dari rata-rata skor yang didapat. Produk yang ada sekarang baru sebatas tempat meletakkan perangkat komputer jinjing.

2.2 Riset Pasar (Produk Pesaing)

Berdasarkan pengamatan ke beberapa toko buku dan peralatan kantor, Produk 2 merupakan produk laris dan banyak dicari oleh konsumen. Yang menjadi daya tarik adalah kekuatan dan kekokohannya karena terbuat dari kayu solid.

Dari segi estetis, produk pesaing memakai gambar-gambar tokoh komik dan film animasi populer seperti Superman, Batman, Barbie, Upin & Ipin dan Shaun The Sheep. Gambar-gambar tersebut ditempelkan dan dilaminasi secara sederhana ke meja.

2.3 Quality Function Deployment

Hasil survei di atas selanjutnya dijadikan acuan dalam mendisain produk meja baru yang memiliki keunggulan komparatif. Rangkuman suara konsumen yang berupa product attributes selanjutnya dijadikan kuesioner untuk menentukan prioritas atau derajad kepentingannya di mata konsumen. Hasilnya seperti tercantum dalam tabel berikut ini.

Peringkat Product Attibutes di mata konsumen

Peringkat Product Attibutes di mata konsumen

Berdasarkan data-data kualitas produk pesaing, product attributes yang diinginkan konsumen dan derajad kepentingannya, maka disusun matriks Quality Function Deployment sebagai pedoman untuk membuat produk baru yang lebih unggul dari para pesaing.

Quality Function Deployment

Perancangan Produk – Quality Function Deployment

Fitur sandaran mendapatkan poin tertinggi dibanding fitur-fitur lainnya, yakni 320. Maka berdasarkan hasil QFD di atas maka produk baru akan berfokus pada desain meja yang memiliki sandaran yang bisa diatur kemiringannya untuk mengakomodasi konsumen yang memakai perangkat tablet PC.

Produk-produk meja portabel yang ada sekarang hanya berupa alas datar tanpa sandaran karena memang didesain untuk aktivitas yang tidak melibatkan tablet PC. Beberapa produk memiliki desain meja miring akan tetapi kemiringannya tidak bisa diatur.

Fitur lain yang mendapatkan poin tinggi adalah laci. sebagian besar konsumen juga menginginkan adanya laci pada meja untuk menempatkan barang-barang kecil seperti flashdisk, screw driver set, power bank, dll.

Laci menjadi sangat penting karena berdasarkan survei, pengguna meja portabel seringkali kerepotan mencari barang-barang yang disebutkan di atas akibat terserak dan tidak adanya tempat khusus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s