Perancangan Produk Meja Portabel – Pendahuluan & Pentahapan (1)

1.1 Latar Belakang

Permintaan notebook dan tablet meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari perusahaan riset pasar, Industry Review, pertumbuhan penjualan komputer di Indonesia akan tumbuh sebesar 20,8% per tahun sampai dengan tahun 2016(1).

Pertumbuhan pasar komputer ini juga akan diikuti dengan perubahan gaya hidup di mana interaksi manusia dengan perangkat komputer akan semakin intens. Karenanya timbul permintaan akan sebuah alat bantu yang berfungsi untuk meletakkan dan memegang perangkat komputer jinjing (notebook, netbook, tablet) saat dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Sifat dari perangkat komputer jinjing yang sangat mobile membuat permintaan akan sebuah perangkat meja portabel yang mobile ikut berkembang. Pemakai komputer jinjing tidak lagi membutuhkan meja komputer yang besar dan sulit untuk berpindah tempat.

Perangkat meja portabel ini juga harus mampu mengakomodasi dan mewakili gaya hidup pemakai komputer yang semakin dinamis. Jika ditilik dari gaya hidup pemakai komputer jinjing yang kebanyakan berada di usia produktif yang fashionable maka aspek estetis harus mendapat perhatian untuk mengkomodasi hal tersebut.

1.2 Definisi Proyek Perancangan

Proyek perancangan ini bermaksud merancang sebuah produk meja portabel yang memberikan sarana bagai pemakai notebook dan tablet sebuah perangkat tambahan untuk bekerja ataupun bermain.

Sasaran binis yang dituju adalah memenuhi permintaan pasar dari pengguna notebook maupun tablet sejumlah 750.000 per tahun.

Pasar utama adalah pemakai notebook dan tablet dengan mobilitas tinggi. Pasar sekunder adalah pengguna rumahan yang ingin mendapatkan tambahan fleksibilitas dan fungsionalitas dari perangkatnya saat berada di rumah.

1.3 Tim perancang

Tim perancang inti beranggotakan enam orang dari departemen riset dan pengembangan dan 3 orang anggota paruh waktu dari departemen produksi, pembelian dan pemasaran.

1. Irawan Agung Hidayat

2. Ary Dwi Wahyudi

3. Prinob Aksar

4. Murwan Widyantoro

5. Hendry Pardomuan

6. Vicky Anggriawan

 

1.4 Jadwal dan Tahap Perancangan Produk.

Perancangan produk meja portabel ini dibagi menjadi menjadi enam tahap yaitu:

1. Pengumpulan customer needs dan perumusan masalah dan spesifikasi desain

2. Pembuatan konsep desain

3. Review dan approval konsep desain

4. Pembuatan gambar 3D/2D

5. Review dan approval gambar 3D/2D

6. Pembuatan purwarupa (prototype)

Gantt Chart - Tahap Perancangan Produk

Gantt Chart – Tahap Perancangan Produk

Tahap 1 berfungsi untuk menggali kebutuhan konsumen dengan cara melakukan survei dan kuesioner. Tahap 2 merupakan tahap pembuatan konsep desain berdasarkan kebutuhan konsumen yang sudah dirumuskan di tahap 1. Tahap 3 merupakan review dari manajer yang meninjau kelayakan desain untuk menentukan apakah proyek ini layak untuk diteruskan.

Tahap 4 adalah tahap pembuatan gambar 3D/2D di mana tahap ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena tingkat kerumitannya sangat tinggi. Tahap ini merupakan tahap krusial karena biaya material dan produksi sebagai akibat dari pemilihan desain terjadi di sini. Tahap 5 adalah review secara mendetil terhadap desain 2D/3D untuk menilai sejauh mana desain virtual mewakili konsep desain.

Tahap 6 adalah tahap pembuatan purwarupa. Metode yang dipilih adalah 3D Printing karena materialnya bisa dipilih mendekati materialnya yang sesungguhnya, yakni plastik ABS. Selain itu 3D Printing membutuhkan waktu yang singkat meski biayanya agak mahal.

Pernyataan misi - Mission Statement

Pernyataan misi – Mission Statement

6 responses to “Perancangan Produk Meja Portabel – Pendahuluan & Pentahapan (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s