Golput adalah orang-orang pesimis

“Politik GOLPUT pilihan terbaik di zaman edan”

Politik Golput adalah pilihan terbaik (katanya)

Politik Golput adalah pilihan terbaik (katanya)

Bagi saya Golput justru pilihan terburuk di zaman edan ini. Apakah anda merelakan negara ini diurus oleh orang-orang edan? Bukankah akan lebih baik jika diurus oleh orang-orang yang tidak terlalu edan andaikata orang-orang yang benar-benar waras tidak ada. Memilih yang terbaik dari terburuk adalah lebih baik daripada tidak memberikan pilihan sama sekali.

Orang-orang yang optimis selalu berusaha mencari peluang, kebaikan ataupun keunggulan pada kondisi sesulit atau sekritis apapun. Bahkan andaikata perbedaannya teramat sangat tipis mereka pasti akan mengambilnya. Termasuk ketika (dianggap) partai-partai politik dirundung masalah, berkinerja buruk, menjadi sarang koruptor, orang-orang optimis akan tetap berusaha memilih yang terbaik diantara yang terburuk itu.

Dalam sistem demokrasi pemilihan umum adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki kinerja pemerintahan, merubah kebijakan dan memilih pemimpin terbaik untuk melakukan kedua hal tersebut. Kecuali kita menginginkan kudeta atau revolusi, maka lain ceritanya.

Konsekuensi bagi Golput (jika mereka konsisten) adalah  ketika kinerja pemerintah ataupun wakil rakyat tidak sesuai harapan maka Golput tidak berhak untuk melakukan protes dan kritik karena mereka tidak memberikan hak pilihnya. Artiya mereka sudah sepenuhnya ikhlas (tidak peduli) terhadap siapapun wakil rakyat dan pemimpinnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s