Seberapa cerdas dan tangguh emosi anda?

Anda kaget karena teman anda yang selama ini terkenal cerdas, kritis, terbuka terhadap pendapat orang lain dan berwawasan luas tiba-tiba menjadi seperti orang kurang berpendidikan, berpikir pendek, ikut arus, tertutup dan tiba-tiba memakai kaca mata kuda. Daya nalarnya tereduksi, tidak membaca fakta, kurang bisa mencerna berita dan benaknya penuh dengan prasangka.

Orang-orang yang cerdas secara intelijensia tetapi tidak cerdas secara emosional biasanya mengalami gejala-gejala di atas mana kala bertemu dengan isu-isu atau topik-topik yang sensitif. Topik-topik atau isu-isu yang sensitif itu bermacam-macam mulai dari topik-topik primordial (suku, daerah, klub olahraga), ideologi (afiliasi politik) hingga spiritual (agama).

Mungkin anda tidak percaya orang bisa saling mencerca hanya karena berbeda klub favorit yang ada di Jazirah Iberia yang letaknya ribuan kilometer dari Indonesia. Lihat saja perang komentar antar pendukung El Real dan El Barca di dunia maya. Maka jangan heran jika anda menyaksikan peristiwa yang sama kala orang-orang bersinggungan dengan topik-topik seputar partai politik.

Manusia yang emosinya tangguh mampu menyerap kejutan-kejutan (argumen, cercaan, hinaan, hujatan) kala mendiskusikan topik-topik atau isu-isu primordial, ideologi ataupun spiritual. Pada saat yang sama ia juga tidak kehilangan obyektivitasnya. Ia juga tidak tergoda untuk melontarkan pernyataan atau pendapat dengan bahasa yang kasar dan tendensius.

Ketika anda mampu merespon argumen dengan fair ataupun memilih untuk tidak melayani (karena biasanya akan sia-sia) cercaan, hinaan dan hujatan, maka anda sudah memiliki kecerdasan dan ketangguhan emosi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s