Durian lokal kurang bersaing

Absennya teknologi pada pohon-pohon durian lokal membuat kualitasnya amat sangat bervariasi alias tidak standar. Kesimpulan itu kudapatkan ketika mencoba membeli beberapa buah durian lokal saat perjalanan pulang dari Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Penjual durian lokal, Dramaga Kabupaten Bogor

Penjual durian lokal, Dramaga Kabupaten Bogor

Selain rasanya yang bervariasi dari hambar, gurih hingga manis, bentuknya pun sangat tidak beraturan. Sulit untuk mendapatkan buah durian yang simetris. Durian-durian lokal ini kemungkinan besar berasal dari pohon-pohon durian liar yang tumbuh di kebun-kebun rakyat.

Setahuku buah-buahan sangat peka terhadap keasaman tanah dan kadar air. Jika kita ingin mendapatkan buah-buahan yang manis maka pH tanah harus tinggi dan airnya tidak boleh terlalu banyak. Dua hal ini mungkin tidak pernah menjadi perhatian petani durian lokal.

Begitupula pembatasan buah sepertinya jarang dilakukan. Buah yang terlalu lebat justru membuat ukurannya tidak maksimal dan kemungkinan variasi bentuknya lebih lebar. Aku teringat dengan petani-petani mangga di Probolinggo yang memetik dan membuang sebagian buah-buah mangga muda jika terlalu lebat. Hal ini seharusnya juga dilakukan pada pohon durian.

Menyantap durian Leuwiliang, Bogor

Menyantap durian Leuwiliang, Bogor

Jaminan untuk mencicipi terlebih dahulu ternyata tidak mampu mengobati kekecewaanku. Dari lima buah durian yang kami beli (The best from the worst.) tidak ada satupun yang pas di lidah. Memilih durian di Leuwiliang ini ternyata lebih sulit dibanding saat kami pilih-pilih durian lokal di Cigeuntis setahun yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s