Tertipu rambu penunjuk jalan ke Danau Sidenreng

Meski sudah hilir mudik ke Sidenreng Rappang sejak tahun 2005 belum pernah sekalipun saya mengunjungi Danau Sidenreng. Padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah mertua. Berkali-kali saya melewati rambu penunjuk jalan ke danau yang berada di Empagae dimana jaraknya hanya 4km dari tepi jalan raya poros Parepare-Sengkang.

Anehnya danau ini jarang disebut-sebut orang saat membicarakan berbagai obyek wisata. Jangan-jangan tempatnya memang tidak menarik atau tidak memiliki sarana wisata sama sekali. Jika dilihat dari posisi geografisnya sepertinya danau ini lebih mirip rawa atau genangan air yang dikelilingi persawahan.

Papan penunjuk arah ke Danau Sidenreng

Papan penunjuk arah ke Danau Sidenreng

Untuk menghilangkan rasa penasaran kami, pagi tu ketika akan ke Rappang kami memutuskan untuk mampir ke danau ini.

Jalan masuknya ternyata hanya sebagian yang diaspal. Selebihnya adalah jalan makadam. Semakin jauh kondisi jalan semakin licin akibat banyak genangan setelah hujan semalam. Tanahnya sangat licin dan lengket berupa tanah liat putih.

Mendekati tepi danau, motor kami semakin sulit menempuh medan. Tanah menumpuk di spatbor depan dan belakang. Kaki -kaki harus turun dari footstep untuk menjaga keseimbangan. Akibatnya sandal menebal pada bagian sol akibat gumpalan tanahliat yang menempel.

Kami memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan. Apalagi setelah seorang warga memberitahu bahwa jalan ke danau sangat sulit ditempuh.

Istri dan anak-anakku turun dari motor. Akibatnya kami semua harus bersusah payah melangkahkan kaki di tanah yang sangat lengket. Butuh waktu beberapa lama untuk mengurangi ketebalan gedibal di sandal dan sepatu.

Kami kembali tanpa hasil. Hanya membawa oleh-oleh tanah liat yang menempel di sandal dan sepatu dan motor. Danau Sidenreng masih menjadi misteri bagi kami.

Mencuci sandal yang terkena tanahl iat

Mencuci sandal yang terkena tanahl iat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s