Pedagang sepeda yang jujur

Di rumah mertua ada sebuah sepeda BMX merek Golden Eagle yang mangkrak di gudang. Setelah dicek ternyata masih bisa berjalan. Meski demikian kondisi kedua bannya sangat memprihatinkan. Pada masanya sepeda ini adalah salah satu merek sepeda BMX terkenal bersama Jemboly dan Eagle.

Sepeda BMX Golden Eagle

Sepeda BMX Golden Eagle

Aku bermaksud merestorasi sepeda tersebut dengan mengganti kedua bannya. Sebelumnya aku sempat bertanya ke teman-teman di Cikarang tentang harga ban sepeda BMX. Di toko Aheng, Cikarang Baru harganya 35.000 untuk ukuran 20×1,75.

Di depan pasar Tanrutedong, Sidrap aku mendapatkan sebuah toko sepeda dan sparepartnya. Sebuah ban merek Swallow dengan strip berwarna oranye sangat mencolok mata di antara tumpukan ban lain yang berwarna hitam. Saat kuperiksa ukurannya 20×1,75.

Aku bertanya ke penjualnya berapa harganya. Ternyata harganya sama dengan harga di Cikarang, 35.000 rupiah. Aku menawar tetapi gagal. Lalu aku juga membeli dua buah ban dalam merek Pacific. Harganya 12,500 per buah. Kucoba untuk menawar lagi. Kali ini berhasil aku mendapatkan harga 12,000 rupiah saja. Diskon 500 rupiah.

Total belanjaanku adalah dua ban luar dan dua ban dalam. Total harganya 84,000. Saat akan mengakhiri transaksi kucoba untuk menawar lagi.

84,000 harganya kurang bagus, Bu. Dijadikan 80,000 saja biar gampang kembaliannya,” kataku.

Ibu penjual menjawab, “Itu sudah murah, Dik. Saya tidak mengambil untung banyak. Riba kata Bapak jika mengambil untung terlalu banyak,”

Andai semua pedagang berprinsip seperti itu betapa enaknya jual-beli.

6 responses to “Pedagang sepeda yang jujur

  1. wowowowowo sepeda lama !!!ingat waktu sd!!! klu mau di jual 08124244414!!! atau mau kasi alamatnya jga boleh

  2. Mas dijual gak sepeda nya? Saya butuh sekali mas soalnya saya ikut bmx race jadi butuh sekali sepeda golden eagle
    Kalo dijual hub.ke 082368273560

Leave a Reply

