Hidup dimulai dari usia kelima puluh|Life begins at fifty

Quote di atas cocok untuk menggambarkan profil pengusaha dan pengajar yang satu ini. Merasa karirnya mentok dan tidak bisa mengembangkan diri karena keinginan untuk belajar lagi selalu terhalang oleh kesibukan kerja maka beliau memutuskan untuk pensiun dini.

Pada tahun 2002 di saat usia sudah mencapai 50 tahun beliau memutuskan untuk keluar dari BUMN yang bergerak di bidang energi. Sambil melanjutkan kuliah S3 beliau menjadi dekan di sebuah universitas swasta di Bogor. Gajinya hanya 700.000 kala itu. Hanya 1/10 dari gajinya ketika meninggalkan posisi manajer di BUMN.

Merasa tertantang dan memiliki pengalaman serta keahlian di bidang penukar kalor beliau merintis sebuah workshop. Mesin-mesinnya diperoleh dari hasil memilah-milah mesin-mesin tua dari workshop di BUMN yang ditinggalkannya. Untuk mendapatkan mesin-mesin tersebut beliau mengeluarkan 250 juta.

Kini mesin-mesin tua itu sudah berganti dengan mesin-mesin CNC moderen sehingga kepresisian dan produktivitasnya meningkat jauh. Ditambah lagi dengan dukungan berbagai perangkat lunak CAD, CAE dan CAM membuatnya semakin kompetitif.

Berkat kegigihan, keuletan, jaringan yang luas dan keteguhan memegang etika bisnis, workshopnya berkembang pesat. Kini workshop yang sudah menjadi PT itu merupakan salah satu dari 58 perusahaan di Indonesia yang tersertifikasi oleh ASME. Berbekal sertifikasi tersebut maka perusahaan yang dikelolanya mampu mendapatkan pasar dari industri migas yang terkenal memberikan persyaratan sangat ketat bagi komponen-komponen pendukungnya.

Perusahaan tersebut adalah PT Intan Prima Kalorindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s