Fenomena motor dengan ban kecil (tipis)

Ukuran ban motor merupakan kompromi dari berbagai faktor antara lain, peredaman, daya cengkeram dan konsumsi bahan bakar. Semakin besar ban maka peredamannya semakin bagus (empuk), daya cengkeramnya meningkat (tidak mudah slip) akan tetapi ia akan meningkatkan konsumsi bahan bakar (boros BBM). Sebaliknya semakin kecil ban akan menurunkan peredaman (keras), daya cengkeram menurun (mudah slip) akan tetapi konsumsi bahan bakar akan menurun (irit) karena gesekan antara ban dan jalan semakin kecil sehingga beban mesin lebih ringan.

Ban motor standar sudah didesain secara optimum sehingga peredaman dan daya cengkeramnya cukup bagus akan tetapi tidak boros bahan bakar. Maraknya fenomena ban tipis sebenarnya berlawanan dengan kaidah di atas. Motor dengan ban tipis akan terasa keras saat dinaiki, mudah slip pada kondisi jalan licin. Jika slip itu terjadi pada saat pengereman dari kecepatan tinggi tentu akan berbahaya sekali.

Ban motor berukuran kecil tentu usia pakainya pun akan lebih cepat. Kecuali ia diperkeras (semakin tidak nyaman). Selain itu peluang kerusakan pelek akan lebih tinggi karena pelek menerima tekanan lebih tinggi. Ingat rumus tekanan, P = F/A. Maka jangan heran jika saat berkendara anda menyaksikan motor-motor dengan ban kecil kondisinya sudah keriting alias meliuk-liuk.

Mengikuti tren modifikasi seringkali memang merepotkan, menyiksa dan menguras kantong. Untuk menangkal godaan tren (tak terbatas pada tren modifikasi motor)  tak cukup dengan akal sehat saja. Akal fisika yang kita peroleh semasa SMA harus kita gunakan. Mungkin juga kita harus menggunakan akal kimia dan akal biologi kita untuk kasus yang lain  :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s