Pengaruh parameter pemesinan pada proses pemesinan EDM dari baja maraging

Pendahuluan dan tujuan

EDM adalah proses pemesinan terkontrol dimana bunga api listrik berfrekuensi tinggi digunakan untuk mengikis benda kerja sehingga benda kerja terbentuk sesuai dengan bentuk elektroda. Banyak penelitian sudah dilakukan untuk mencari hubungan antara parameter pemesinan terhadap laju keausan elektroda, struktur metalurgi dan kekerasan permukaan benda kerja, serta kekasaran permukaannya. Beberapa penelitian yang lalu menjelaskan bahwa peningkaran kekerasan permukaan disebabkan oleh emigrasi unsur karbon dari cairan dielektrik dan elektroda membentuk unsur karbida pada benda kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh arus, waktu denyut listrik dan duty factor pada laju pemakanan, kekasaran permukaan, kekerasan dan struktur permukaan benda kerja.

Metodologi Penelitian

Pada percobaan ini menggunakan elektroda dari tembaga dan cairan dielektrik minyak tanah. Benda kerja adalah baja maraging M250M yang merupakan baja kecepatan tinggi. Tiap-tiap parameter yang diuji pada riset kali ini divariasikan pada tiga level yang berbeda sehingga ada 3×3 percobaan. Lalu masing-masing percobaan tersebut dilakukan replikasi tiga kali sehingga diperoleh 27 spesimen.

Laju pemakanan dihitung dengan mencari selisih berat sebelum dan sesudah pemesinan. Kekasan permukaan diukur dengan Talysurf dan kekerasan permukaan diukur dengan mesin pengukur kekerasan Vickers.

Hasil dan kesimpulan

Penelitian ini menunjukkan bahwa pemotongan yang dalam dimungkinkan untuk baja maraging.

Peningkatan arus akan menaikkan nilai laju pemakanan, kekasaran permukaan, dan panjang retakan tetapi menurunkan kekerasan. Peningkatan duty factor akan meningkatkan laju pemakanan, kekasaran permukaan dan panjang retakan tetapi akan menurunkan kekasaran permukaan. Peningkatan waktu pulsa akan menurunkan laju pemakanan, kekasaran permukaan dan panjang retakan tetapi akan menaikkan kekerasan.

Kesan dan komentar

Dari penelitian ini terlihat bahwa efek parameter arus dan duty factor berlawanan dengan waktu pulsa. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan nilai optimum dari parameter arus dan duty factor versus waktu pulsa.  Penelitian yang lebih dalam bisa memberikan persamaan untuk menghitung besaran kekasaran permukaan yang merupakan fungi dari arus, duty factor dan waktu pulsa.

 

Paper asli: “Influence of Machining Parameters on Electric Discharge Machining of Maraging Steels – An Experimental Investigation”. Oleh: G Krishna Mohana Rao,, S. Satyanarayana, M. Praveen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s