Pengaruh Kekasaran Permukaan dan Laju Pemakanan Material pada Mesin Pemotong Busur Plasma

Pendahuluan

Minat industri moderen pada aplikasi pemotongan busur plasma semakin meningkat karena kemampuan proses ini untuk bersaing dengan pemotongan Laser (kulitas lebih tinggi tetapi lebih mahal) dan pemotong oksigen-bahan bakar (lebih murah tetapi kualitas lebih rendah).

Abdulkadi Gullu [6] menyimpulkan bahwa kecepatan pemotongan tidak berpengaruh pada struktur mikro pada struktur deformasi pada area pemotongan. Whilst, menurut L.J Yang [7] pemaksimalan kedalaman zona pengerasan pada baja adalah sebanding dengan optimasi proses pemotongan busur plasma. Kualitas pemotongan busur plasma lebih tinggi bisa deiperoleh dengan memanipulasi kecepatan dan arus pemotongan [8]-[11]. Pada penelitian ini proses pemotongan dilakukan secara manual sehingga bermanfaat bagi industri kecil.

Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara laju pemakanan material terhadap kekasaran permukaan material baja AISI 1017.

Metodologi Penelitian

Laju Pemakanan Material diukur berdasarkan rumus MRR = (Selisih berat/Berat jenis)/Waktu pemotongan. Analisa Kekasaran Permukaan dilakukan menggunakan Mitutoyo CS-3100 pada area pemotongan untuk mengukur ketidakteraturan pada permukaan. Desain penelitian empat faktor dan tiga level interval dari metode Taguchi Orthogonal Array digunakan dalam penelitian ini.

Hasil dan Kesimpulan

Secara umum bisa dikatakan bahwa kekasaran permukaan secara proporsional berbanding terbalik dengan laju pemakanan material. Semakin tinggi laju pemakanan material kekasaran permukaan akan semakin kecil dan sebaliknya.

Hubungan antara hasil-hasil eksperimental secara langsung berdasarkan pada dross yang terjadi setelah pemotongan. Laju pemakanan material yang tinggi akan menghasilkan dross berukuran kecil. Ukuran dross menentukan kualitas dari pemotongan busur plasma dalam hal kekasaran permukaan.

Kesan dan Komentar

Sebuah penelitian sederhana tetapi sangat penting karena dilakukan pada saat yang tepat dimana banyak industri mencari proses permesinan yang berada di antara pemotongan Laser dan pemotongan Oksigen-Bahan Bakar, yakni proses pemotongan Busur Plasma.

Penelitian ini hanya mengungkap hubungan antara kekasaran permukaan dan laju pemakanan material akan tetapi belum mengungkap titik optimal dari laju pemakanan material terhadap kekasaran permukaan.

 

Paper asli: “Surface Roughness and MRR Effect on Manual Plasma Arc Cutting Machining”. Oleh: R. Bhuvenesh, M.H. Norizaman, M.S. Abdul Manan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s